Abuget

PELERAUS (PELesir GamER AUStralia)

peleraus1

Perhatian : Sebelum mulai membaca, harap dipahami bahwa PAX bukanlah event tentang tukang cukur, barber shop¸ dan hal sekitarnya. Terima kasih.

Bagi saya, PAX (Penny Arcade Expo) menempati urutan ke-6 dalam daftar cita-cita pagelaran akbar game yang harus dihadiri.  Pertama jelas E3, kedua E3 lagi, ketiga lagi-lagi E3, keempat adalah Tokyo Game Show, dan kelima adalah EVO. Ingin tau sejarah PAX dan asal muasalnya? Seperti apa tetek bengek PAX? Googling lah, cil. Jangan males.

Dari kumpulan berita yang saya lihat sejak beberapa tahun lalu, PAX ini bisa dikatakan versi guyub dari pagelaran akbar game. Berbeda dengan event lain yang menitik beratkan kepada para publisher / developer yang berteriak, “Woy, ini game baru kita yang bakal liris woy.”, PAX lebih bersemangat “Woy, main bareng yuk woy!”. Selama 3 hari (Saya hanya datang hari Minggu karena ketika saya mau beli tiket, jatah tiket online untuk hari Jum’at dan Sabtu sudah habis. Keparat), hampir seluruh bentuk game dari aneka permainan tradisional, board game, dan tentu saja video game digelar bebas untuk umum. Tidak hanya itu, salah satu acara PAX mempersilakan Anda untuk melampirkan ide video game Anda di depan beberapa panelis. Di dalam acara itu, Anda diberikan waktu 45 detik untuk ngoceh tentang ide Anda. Kalau keren nanti dapet hadiah, kalau katro ya paling diketawain. PAX ini acara keren parah lah pokoknya. Kalau sempat, Anda harus datang nyicip keriannya. Mumpung sudah ada di Australia nih. Jadi Anda tidak perlu terbang jauh-jauh ke Amerika Serakah.

Tiap orang punya momen berkesan mereka di  PAX AUS.  Entah dapet (berjibun) teman baru di Animal Crossing, atau mesem-mesum karena melihat “hai-halo” di depan mata. Berikut adalah tiga hal yang buat saya paling keren selama saya berada di PAX AUS 2013.

3. Handheld Lounge

peleraus2

Di tempat ini, Anda tinggal keluarin N3DS dan langsung gelar apapun game N3DS yang bisa dimainin bareng. Main Mario Kart rame-rame sampe mbledos adalah pemandangan yang umum. Akrab bin mantab lah pokoknya. Nggak bawa game yang bisa dimainin bareng? Dipinjemin! Nggak bawa N3DS? Dipinjemin! Gelar PSVITA? Diketawain! (entah kenapa selama berada di PAX dan bahkan sampai artikel ini ditulis, saya tidak melihat satu pun orang yang bermain VITA di Melbourne. Mungkin karena mereka juga berpendapat kalau VITA sampai saat ini masih cupu. Wajar.

2.  Nintendo Booth

peleraus3

peleraus4

TLoZ Windwaker HD dan Pikmin 3 digelar bebas untuk umum! Amin ya Rabbal Alamin. Saya sampai hampir terlewat presentasi Watch Dogs karena booth ini.

Nah ini dia yang paling keren…… NOMOR SATU…..

peleraus5

Nggak kok, saya cuman bercanda. Ini sekarang yang bener :

1. RETRO GAMING LOUNGE!

peleraus6

BUANGSAT INI KEREN PARAH, CING! ADA AMSTRAD 464 DALAM KONDISI HIDUP JAYA! AMSTRAD CPC 464! GELAR SEMUA BEBAS MAIN SAMPE MELINTIR!

*ahem* berikut adalah beberapa foto kedigdayaan PAX AUS Retro Gaming Lounge :

peleraus7

peleraus8

peleraus9

Kira – kira begitulah pengalaman saya di PAX AUS 2013. Sekian dan terima kasih.

Oh iya, ini ada sedikit kenangan Hai-Halo. Sakura Kinomoto dari Cardcaptor Sakura. Silakan.

peleraus10

    • http://sum4tran.wordpress.com/ Ade Naufal

      Quakecon gak ikutan bang?

    • dionduren

      Ada yang berbeda dengan presentasi Watch Dogs di PAX daripada sebelum-sebelumnya?

    • Alqadri ‘Ari’ Asri Putra

      Gileeee, masih ada yg main Atari Jaguar ……….