Abuget

PELER (PELesir GamER) : SINGAPURA

Singapura. Sebuah negara yang ukurannya tidak sampai setengah dari total luas lahan kelapa sawit yang dimiliki oleh grup Astra. Terlepas dari luasnya yang bisa ditempuh dengan cara koprol, perkembangan industri video game di negara ini dapat dikatakan salah satu yang paling tangguh di Asia. Tercatat sudah dua nama besar dunia game yang mendirikan kantor cabangnya di negara ini. Dua nama tersebut adalah LucasArt dan Ubisoft. Kesannya mantap bukan? Seharusnya negara ini adalah satu tujuan utama untuk membeli aneka keperluan gaming anda bukan? Jawabannya adalah : TIDAK.

Sebagai seorang gamer dari Indonesia, dari segi keperluan gaming umum, Singapura itu kacrut. Negara ini kalah telak dari Jakarta, khususnya dari segi harga. Salah satu contohnya adalah harga BD PS3. Di Singapura, ketika artikel ini ditulis, harga BD Ni no Kuni (Reg 1) adalah SGD 75 (+/- Rp 600k). BD yang sama dapat ditebus dengan harga Rp 510k di PSE Mangga Dua. Bedanya hampir 20%.

Alasan yang masuk akal untuk berbelanja game di Singapura adalah apabila anda mencari pernak-pernik game atau limited edition dari sebuah game tertentu. Harganya relatif sama dengan di Jakarta, namun stock-nya lebih banyak. Jika anda beruntung, mungkin saja anda menemukan beberapa barang yang sudah sulit ditemukan di Indone… ah maaf, maksud saya sudah sulit ditemukan di Kaskus.

Tetapi, kalau anda kepepet atau mungkin ngotot berbelanja keperluan gaming umum di Singapura dengan alasan apapun (cth : Karena menimba ilmu, karena urusan pekerjaan, karena ingin mendalami Singlish), saya akan mencoba mengerti dan tetap memberikan anda info seputar perbelanjaan game di Singapura. Lalu, seperti artikel PELER terdahulu, di sini akan dibahas pula beberapa tempat yang berhubungan dengan toys dan antek-anteknya. Retro console? Singapura cupu kalau soal beginian, mendingan cari di Kaskus.

PS : Tolong jangan mencoba untuk menempuh Singapura dengan koprol. Mungkin anda akan berhasil, namun setelah selesai tentunya anda akan menderita tetanus karena badan anda akan penuh luka.

Tempat 1 : FUNZ CENTRE, Orchard Central. Sommerset

Funz centre ini memiliki 3 cabang. Di Ang Mo Kio, Katong, dan Orchard Central. Alasan saya memilih Orchard Central adalah karena di cabang ini ada patung Kazuya lagi nonjok. Sebenarnya ada patung Jin juga, tapi kurang greget. Tempat ini memiliki koleksi limited edition dan pernak-pernik game yang cukup mumpuni. Dari OST hingga aneka bacaan seputar game ada di toko ini. Di tempat ini, saya mendapatkan joystick Hori edisi Dragon Quest seharga SGD 39.00 (+/- Rp 315.000), Ni no Kuni Prima official guide (SGD 49.90), dan beberapa art book.

Walkthrough :

Cari stasiun MRT terdekat. Beli tiket. Naik MRT. Cari stasiun Somerset. Turun. Cari exit B. Anda akan keluar di gedung bernama 313@Somerset. Keluar ke jalan besar (yang bukan tempat menunggu taksi). Dari pintu keluar jalan ke kanan. Jalan 2 menit. Orchard Central akan ada di sebelah kanan anda. Naik sampai lantai 5. Selamat anda sudah tiba di Funz Centre. Silakan berfoto dengan patung Kazuya.

Tempat 2 : PLAZA SINGAPURA, Dhoby Ghaut

Di mall ini ada 3 tempat yang cukup yahud untuk anda kunjungi. Pertama, bagianda penggemar toys, anda bisa menyatroni Simply Toys di lantai paling atas. Koleksi statue dan bust di toko ini cukup mumpuni.

Kedua, di lantai paling atas juga ada tempat ding-dong yang berwibawa, yaitu Star Factory. Di situ masih terdapat mesin ding-dong Street Fighter dari SF II hingga SF terbaru. Selain itu, di tempat ini juga ada mesin Silent Hill : The Arcade dan petualangan Dynasty Warrior (saya tidak pernah ingat nama ding-dong ini).

Ketiga, bagi anda penggemar jejepangan, anda dapat mengunjungi Seimon-Cho. Toko ini terletak di lantai 3. Anda gemar Totoro? Di tempat ini banyak produk-produk berbau Totoro. Pokoknya tempat ini paling Totoro seantero Singapura.

Walkthrough  :

Yang ini tidak bergambar karena stasiun MRT-nya tepat berada di bawah tempat ini. Cari stasiun MRT terdekat. Beli tiket. Naik MRT. Cari stasiun Dhoby Ghaut. Turun. Di stasiun ada tempat dingdong namanya Zone X. Kalau ada waktu silakan mampir. Cari Exit D, E, atau F. Tergantung selera anda. Kalau saya memilih exit D karena berada tepat di bawah Plaza Singapura. Setelah sampai silakan mencari tempat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tempat 3 : CHINA SQUARE CENTRAL, Chinatown

Tempat ini cocok untuk anda penggemar toys, 2/3 dari isi gedung ini adalah toko mainan dan jumlah barangnya seabrek. Cukup asoy untuk dikunjungi. Di tempat ini juga ada spesialis mainan dan console­dari masa lalu. Nama tokonya adalah Very Cool Stuff. Koleksinya cukup ok, namun sayang harganya senorak nama tokonya. Di toko ini, Famicom kondisi box sudah gompel tanpa manual dijual seharga SGD 250 (+/- Rp 2 juta). Uniknya, si India pemilik toko bersikeras kalau harga itu sudah sangat murah. Beliau nampaknya tidak paham kalau keras kepala dan bau ketek itu bukan kombinasi yang baik.

Walkthrough :

Cari stasiun MRT terdekat. Beli tiket. Naik MRT. Cari stasiun Chinatown. Turun. Cari exit A. Ketika anda keluar dari stasiun langsung jalan ke kiri. Ketemu perempatan belok kanan. Susuri jalanan tersebut selama kurang lebih 5 menit. CSC akan berada di sebelah kiri anda.Nyebrang.  Masuk CSC. Masuk pakai kaki kanan dulu supaya lebih berkah.

Tempat yang lebih baik dibakar: LUCKY PLAZA, Orchard & SIM LIM SQUARE, Ronchor

Saya tidak ingin bersumpah serapah terlalu panjang. Intinya kedua tempat ini busuk. Hindari sebisa mungkin. Destinasi favorit bagi anggota dewan “terhormat” yang kekayaannya masih nanggung untuk mencari keperluan elektronik mereka. Banyak tukang tipu. Silakan googling  “Lucky Plaza / Sim Lim scam”. Anda akan paham kenapa kedua tempat ini lebih baik anda bakar.

Bagi anda yang malas googling, berikut adalah contohnya. Salah satu kawan saya pernah tertipu ketika membeli PSVITA edisi Wi-Fi di Sim Lim. Harga yang tertera adalah SGD 350, kawan saya tertarik untuk membeli dan membayar menggunakan credit card. Ketika sudah digesek, tagihan yang tertera adalah SGD 600. Si pemilik toko beralasan kalau biaya itu termasuk aksesoris VITA dan “software upgrade”. Kasihan kawan saya. Sudahlah ditipu, dapat VITA pula. Kekecewaan berganda.

            Khusus untuk Lucky Plaza, tempat ini juga cocok untuk para laki-laki pengidap “selera bule”. “Selera bule” adalah sebuah keterbatasan yang menyebabkan pengidapnya menderita kesulitan untuk membedakan mana perempuan yang berperawakan cantik dengan mana perempuan yang berperawakan klenik.

Penginapan

Selama anda di Singapura, saya sarankan anda untuk tinggal di daerah Chinatown. Di daerah ini hotelnya murah meriah, yang SGD 20 / malam juga ada. Untuk ukuran Singapura, harga makanan di daerah ini juga relatif murah dan rasanya cukup mantap (halal atau haram itu kembali ke diri kalian masing-masing).

Berikut adalah beberapa alternatif penginapan :

  1. Dhuafa            : Rucksack Inn
  2. Agak Mapan   : Innotel Hotel
  3. Mapan             : Conrad Centennial Singapore
  4. Tajir Melintir   : Beli satu unit condominium di The Marq

Makanan

Bagi anda para pemakan babi, mencari makan di Singapura tentunya semudah menggaruk kaki. Tingkat kebabian di negara ini cukup babi. Apa maksud kalimat tadi? Saya juga tidak mengerti. #rhyme

Bagi anda para non-babiers, jika anda tergoda untuk menambah pengalaman hidup, kuliner perbabian di Singapura sebenarnya bisa menjadi pilihan untuk menikmati babi pertama anda. Tetapi jika anda tetap bersikukuh untuk tetap tidak makan babi, di bawah ini adalah beberapa pilihan yang dapat menandingi cita rasa si sapi cebol :
  1. Puncak Halal Food, Far East Plaza. Orchard
  2. Jin Hua Fish Head Bee Hoon, Maxwell Road Food Centre. Chinatown
  3. Bawa rendang di toples. Sampai Singapura tinggal cari nasi
Rindradana
    • monzter

      seperti biasa review yang sangat syahdu dan sukses bikin ngakak :D

    • hyding

      kayanya sih ngga cuma atlus sama ubisoft doang,,electronic art juga buka cabang di singapore,,salah satu game yg dihasilin ea singapore itu NFS world,,tapi gamenya ngga bagus2 amatan,,malahan jelek

    • ale ale

      Hahahahahaha asik baca Peler sebelum nonton bola

    • mamah lo

      astagfirullah..

    • Disc-Co

      Wah kok gak ke Funan? Disitu lumayan banyak toko game dan jejepangan juga padahal

    • WhyMTiBi

      lumayan nih bentar lagi ke SG

    • mokatman666

      Klo di singapur, setau saya lagi banyak toko kartu” TCG gitu gan (Yu-gi-oh, Vanguard). BTW, emang bener tuh gan ? kayanya masih mendingan kaskus tuh klo soal aksesoris game ~_~