Abuget

PELER (PELesir GamER) : HONG KONG

Sudah jadi rahasia umum kalau, sebagian dari kita, gemar berasumsi segala hal itu datangnya dari Hong Kong. Mulai dari nasib baik, orang kaya, hingga gigi anda pun bisa saja berasal dari Hong Kong. Salah satu contoh asumsi yang sering digunakan : “Gue orang kaya? ORANG KAYA DARI HONG KONG?!”. Sekian mukadimah dari artikel ini. Mari kita lanjutkan ke topik sesungguhnya.

Dapat saya katakan, Hong Kong bagi saya bagaikan Mekkah bagi umat Islam yang taat. Jika ada rukun ABUGET, maka rukun nomor 5 jelas berbunyi “Ke Hong Kong Bila Mampu”. Kenapa demikian? Menurut saya, bagi para penggemar video game, toys, bokep, AKB48 berbaju lengkap, AKB48 setengah telanjang, dan hal-hal seputar itu, Hong Kong adalah tanah suci. Anda mau cari apa saja, asal niat, (hampir) pasti ada.

Di dalam artikel ini saya akan bahas beberapa tempat di mana anda dapat mencari retro video games dan aneka mainan (PVC dkk). Bokep? Tenang saja. Tempat mainan biasanya jadi satu sama tempat jualan bokep. Bokepnya banyak? Menggunung. Buat bahan masturbasi satu dasawarsa juga tidak akan habis.

Tempat 1 : TOYZONE, Wah Ha Factory Building, Tai Koo.

Bombastis. Sebuah warehouse penuh dengan mainan dari segala zaman. Kalau anda sedang beruntung, mungkin gundu nabi Adam pun bisa anda temukan. Harga? Perdamaian abadi. TEKKEN PSX original bertuliskan NAMCOT dijual seharga HKD 40 (+/- Rp 50.000,-). Di tempat ini, saya menemukan kaset SEGA Arcus Odyssey kondisi mint luar dalam dengan harga HKD 35 saja. Selain itu, saya juga membeli paket Mega Drive 2 + Mega CD + CD kompilasi game SEGA (HKD 750) dan Gimbot “Ball” (HKD 300).  Alhamdulillah.

Walkthrough:

Ke stasiun MTR terdekat. Beli tiket. Naik MTR. Cari stasiun Tai Koo. Turun. Cari Exit A2. Dari pintu keluar belok kanan. Ketemu jalan besar, belok kanan lagi. Susuri jalan. Lewati dua Zebra Cross. Setelah zebra cross ada belokan ke kanan. Belok. Terus sampai ujung. Di sebelah kanan anda akan ada gedung bernama Wah Ha Factory Building. Gedungnya seperti apartemen di film The Raid. Izin sama satpam. Bilang mau ke Toyzone. Satpam mengizinkan masuk. Anda masuk. Nggak perlu bilang Assalamualaikum, besar kemungkinan mereka tidak akan mengerti. Naik ke lantai 4. Selamat, anda sampai di Toyzone.

Tempat 2 : JO-JO HOUSE, Oriental 188 Shopping Centre, Wan Chai.

Bagi penggemar retro video games, tempat ini sungguhlah menggemparkan. Berbeda dengan tempat lain yang umumnya menjual aneka retro console, tempat ini mengkhususkan diri dengan menjual aneka kaset zaman dahulu kala. Tempatnya jelas jauh lebih kecil dari Super Potato di Jepang. Tapi untuk koleksi retro cartridge,CD,and all good ol’ software, tempat ini tidak kalah. Harga? Tempat ini mematok harga yang cukup tinggi. Kisaran harganya adalah Rp 100 ribu – 1,5 juta untuk satu software, tergantung dari tingkat kelangkaan game tersebut. Tapi tenang saja, di tempat ini penjualnya adalah ownernya langsung. Bilang saja anda dari Indonesia, sudah jauh-jauh ke tempat beliau, bingung mencari tempat ini dan terpaksa makan babi berhari-hari. Dengan senang hati beliau akan memberi anda potongan harga.

Walkthrough :

Ke stasiun MTR terdekat. Beli tiket. Naik MTR. Jangan lupa baca do’a perjalanan. Bismillah. Cari stasiun Wan Chai. Turun. Cari exit yang ada tulisan Wan Chai Electronic Centre (Exit A3). Keluar, namanya juga exit. Kalau Wan Chai Elctronic Centre ada di sisi kanan anda, dari exit belok kiri. Anda sekarang sedang di jalan bernama Johnston Road. Susuri jalanan ini sekitar 10 menit. Capek? Istirahat dulu. Sehabis istirahat jangan lupa jalan lagi. Setelah berjalan 10-15 menit dari stasiun, anda akan menemukan Heard Street. Jalan sampai ujung jalan ini, dan anda akan menemukan sebuah gedung bernama Oriental 188 Shopping Centre. Masuk dan naik tangga sampai lantai paling atas. Kenapa naik tangga? Sekalian olah raga, bung. Di lantai tersebut ada tempat informasi. JO-JO House berada di dekat tempat informasi tersebut.

Tempat 3 : Sino Centre, Mong Kok.

Tempat ini bagaikan ITC yang bertema video games,toys, aneka lagu, dan tentunya bokep. Harga yang ditawarkan jelas lebih murah ketimbang dari Jakarta. Saya curiga para pedagang di Jakarta mengambil dagangan mereka dari tempat ini. Saya baru-baru ini mengoleksi PVC P.O.P One Piece. Harga di tempat ini sangat gila. Di tempat ini, PVC Enel dalam kondisi mint dapat ditebus dengan HKD 470 (+/- 600 ribu rupiah) saja. Jika anda kolektor P.O.P, saya yakin anda setuju kalau HKD 470 untuk Enel adalah harga surgawi. Tips berbelanja di tempat ini adalah, jika anda menemukan sebuah barang yang anda suka, jangan langsung beli. Lihat di toko lain dulu. Ada kemungkinan barang tersebut dijual di toko lain dengan harga yang lebih murah.

Jika anda sempat mengunjungi taman surga ini, sempatkan ke lantai 3. Di lantai 3, ada tempat bernama Naughty Boy Toys Shop. Tempat ini menghususkan diri ke mainan limited edition. Cukup menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lantai bawah terdapat sebuah toko retro video games. Kebetulan saya tidak bisa bahasa Cina, kita sebut sebut saja toko tersebut (BAHASA CINA) games. Kebetulan ketika saya ke sana, sang pemilik toko ini sedang masuk rumah sakit sehingga tokonya tutup. Namun, terlihat dari luar, toko ini memiliki koleksi retro consoles yang cukup menarik (cth : Virtual Boy).

Walkthrough :

Ke stasiun MTR terdekat. Beli tiket. Naik MTR. Cari stasiun Mong Kok. Turun. Cari exit E2. Anda sekarang berada di jalan bernama Nathan Road. Susuri jalan tersebut selama sekitar 10 menit. Sino Centre terletak di sebelah kiri anda. Kalau setelah 10 menit belum sampai juga, berarti anda yang jalannya lelet.

Tempat 4 : CTMA Centre, Mong Kok.

Untuk anda penggemar toys, CTMA Centre adalah tempat terbaik seantero Hong Kong. CTMA adalah gedung 6 lantai yang berisikan aneka toys yang ada di muka bumi. Dari LEGO hingga Hot Toys ada di sini. Menurut saya, toko terbaik di CTMA jelas Superman Toys. Koleksinya sungguh maut, sulit diungkapkan dengan kata-kata. Di sebelah Superman Toys ada Toy Hunters yang merupakan sebuah tempat idaman bagi anda yang mengoleksi Hot Toys. Di lantai B2 juga ada toko tanpa nama yang menjual aneka mainan Kamen Rider. Selain itu masih ada toko-toko lainnya dengan kekhususan mereka masing-masing.

Walkthrough :

Lihat map Sino Centre. CTMA Centre terletak satu blok di belakang Sino Centre. Jika Sino Centre di sebelah kiri anda, terus berjalan sampai anda menemukan belokan ke kiri. Belok. Ada pertigaan, belok kiri. Jika anda mencium aroma kotoran kuda, maka CTMA Centre sudah dekat. CTMA Centre terletak di sebelah kiri anda.

Akomodasi

Seperti manusia pada umumnya, gamer juga butuh makan dan tempat tinggal. Di bawah ini adalah beberapa tips akomodasi yang dapat membantu kelangsungan hidup anda di Hong Kong. Saya akan mencoba memberi beberapa alternatif harga.

Penginapan

Saya menyarankan anda tinggal di daerah Mong Kok. Daerah ini dekat dengan dua tempat yang saya sebutkan sebelumnya, yaitu Sino Centre dan CTMA Arcade. Dengan demikian, anda bisa santai dan tidak tergopoh-gopoh ketika berbelanja di dua tempat tersebut. Beberapa penginapan yang bisa dijadikan pertimbangan.

  • Dhuafa                  : Oi Suen Guest House
  • Agak mapan        : Sunny Day Hotel
  • Mapan                   : Langham Place
  • Tajir Melintir         : Intercontinental Hotel, Presidential Suite.

Makanan

Kalau anda pemakan babi, mencari makan di Hong Kong sungguhlah mudah. Aneka cemilan bertema babi tumpah ruah di sini. Bahkan, mungkin saja Strabucks Coffee di daerah ini pun memiliki sajian off menu berupa kopi rasa jeroan babi.

Bagi anda yang tidak memakan babi khususnya karena alasan agama, anda tidak perlu ikut-ikutan makan babi. Cita rasa babi di daerah ini sebenarnya tidak enak-enak amat. Cita rasanya kurang sebanding dengan dosa. Bagi anda penganut halal-isme, berikut adalah beberapa tempat makanan yang bisa anda kunjungi (selain KFC dan McD tentunya).

  1. Bismillah Kebab House, Tsim Sha Tsui.
  2. Indonesian 1968, Causeway Bay. à Harganya cukup mahal. Untuk yang dhuafa jangan makan di sini.
  3. Masjid Ammar and Osman Islamic Centre Canteen, Wan Chai. à Ini yang paling enak. Makanannya lebih enak dari yang haram. Saya juga kurang paham kenapa bisa begitu. Kehidupan ini memang penuh misteri.

 

Rindradana

    • Steven Heryanto

      artikel jalan-jalan yang sungguh epic

    • Budi Santoso

      Hahahahahancurrr

    • Wahyu Gamal

      mantap mimin cing!

    • iRHoTeP

      Mu’in, mau bikin #PELER edisi Hiroshima City kiRim ke manah? (@iRHoTeP)

    • http://twitter.com/masbudd Mas Budi Snot

      kaya lagi Quest , cuman translate kata2nya kek tai wakawkaw

    • pencolisejati

      gak ada review ttg bokep atau game bokepnya. saya kecewa

    • Brutoshiji

      PELER !!!

    • zephyrous

      wkakakak.. epic walktrough nya =))

    • kaum dhuafa

      kasih tau juga dong kisaran harga nginep di hotelnya, biar dhuafa kan juga tetep ada perhitungan duitnya. salam kere’

    • Burst

      TRAVEL GUIDE PALING KEREN!!!

    • http://twitter.com/dosenmumet Radityo Handrito

      Gila neh travel guide nya, pake saran yang malah bikin orang yang berniat tidak agamis jadi mikir 2 kali….

    • Muhammad Sofyan

      ehehehe bikin iri ini bung rindrastagfirulloh ehehe

    • mamah lo

      kaset pertama yg w liat adalah XENOGEARS!!

    • bimbim

      Ini dia nih! Lonely Planet untuk gamer

    • http://twitter.com/omyo Yona Isandika

      Wiw Brave Fencer Musashi ama Soul Reaver demen maennya dulu :D
      ngakak parah penginapannya “Dhuafa” :D

    • http://www.facebook.com/profile.php?id=1829787921 Animus Wirawansyah

      pertanyaannya:
      ini tu game ori ga :v

    • Gameeee

      Keren!! Untuk @Animus : Nanya itu ori atau ngga? Buta lo? Wkwkwkwk…

    • Iwagami Junji

      Ditunggu PELER berikutnya bro!!!!!!

    • Randi

      Wah ngakak gw baca yang ini : “Ini yang paling enak. Makanannya lebih enak dari yang haram. Saya juga kurang paham kenapa bisa begitu. Kehidupan ini memang penuh misteri.”

    • gimoveurs

      sugguh artikel ini maanfaatul kocak. hahaha :)) *lsg tlp detective Wei Shen minta jemput. :D

    • http://twitter.com/Fathanscream Fathan | オタク | ゲーマー

      hahaha bangke banget nih! kereenn!

    • Patra Ramadana

      keren oyy artikelnya, thanks!

    • Chico Blue

      Thanks banget infonyaaa.. Lengkap banget deh..
      Skalian mau nanya juga dnk kalo saya beli action figure itu dan saya bawa pulang ke indo, bakal ribet atau kena cukao ga ya mainannya pas di bandara indonesia ??