Abuget

Cing’s Best of 2015

Tahun 2015 sudah usai. Tahun di mana gim indie bergelora, Nintendo yang bangkit setelah berduka, dan sejumlah AAA title dengan segala masalahnya. Banyak judul game yang memiliki kualitas hampir setara membuat list tahun 2015 ini menarik untuk dibuat.

Sebelum saya mulai, perlu diketahui bahwa saya tidak akan menyertakan ekspansi di dalam list ini. Dengan kata lain, Cing’s best of 2015 terbebas dari gim yang paling sering saya mainkan di tahun 2015, yaitu FFXIV : Heavensward. Berikut adalah 15 gim terbaik di tahun 2015 versi saya :

 

15) Her Story

Her Story

Unik sekaligus memberikan perspektif segar dalam pemaparan cerita. Bagaimana Sam Barlow membuat cerita yang tekesan acak namun masuk akal patut diacungi jempol.

 

14) Cities : Skylines

CitiesSkylines-780x353_6

Tak disangka tak dinyana memberikan saya sesuatu yang seharusnya SimCity 4 berikan. Membangun tanpa hambatan birokrasi (dalam konteks SimCity 4, birokrasi hadir dalam bentuk glitch berlebihan). Harap diingat juga, Cities : Skylines hanya dikerjakan oleh 13 orang. Sungguh pencapaian yang bukan main.

 

13) Metal Gear Solid V : The Phantom Pain

 age_bg_tpp

Metal Gear dengan gameplay terbaik, sekaligus Metal Gear dengan cerita terburuk. Alasan utama gim ini ada di list ini adalah “The Hamburgers of Kazuhira Miller”.

 

12) Arkham Knight

 Batman-Arkham-Knight

Selain performa Joker yang brilian, Arkham Knight juga menemukan cara efektif untuk membungkam para pengibar bendera “PC MASTER RACE!”, yaitu dengan membuat para pengguna PC tidak bisa memainkan gim ini.

 

11) Pillars of Eternity

header

Saya suka Baldur’s Gate II. Saya rindu Baldur’s Gate II. Saya dapat obat rindunya.

10) Helldivers

 helldivers-listing-thumb-01-us-09feb15

Kapan lagi kita bisa memaksakan demokrasi ke alien berwujud serangga besar

9) SOMA

 soma___promo_art___mirror_by_sethnemo-d99o8iv

Alien : Isolation versi dibuat dengan lebih serius dan bermakna. Saya rasa ini karya Frictional Games favorit saya.

8) Rise of the Tomb Raider

 Rise-of-the-Tomb-Raider

Bagi saya, inilah true reboot dari franchise Tomb Raider. Bagi Anda pemilik PS4 dan belum punya XONE maupun X360, silakan sabar menunggu.

 

7) Tales from the Borderlands

 330830_screenshots_2015-06-24_00004

Salah satu gim dengan humor paling cerdas yang pernah ada di muka bumi (bukan “cerdas” seperti yang sering diucapkan sejumlah penggemar stand up lokal, ini cerdas beneran). Loader Bot dan Gortys adalah salah dua karakter terbaik yang pernah dilahirkan oleh Telltale Games

6) Splatoon

 splatoon_ink_party

Konsep yang meriah, eksekusi yang sangat “Nintendo”, dan membantu kita untuk menikmati cumi-cumi tanpa harus takut terkena asam urat

5) The Witcher 3 : Wild Hunt

 witcher3_en_wallpaper_wallpaper_10_1920x1080_1433327726

Perwujudan dari RPG cantik 2015. Bloody Baron quest line adalah salah satu side quest terbaik dalam Witcher series

4) Undertale

 undertale1080p-1443733157009

Perwujudan dari RPG menarik 2015. Kenapa menurut saya Undertale di atas Witcher 3? Karena buat saya, cantik itu pada akhirnya selalu kalah dari menarik.

3) Ori and the Blind Forest

 maxresdefault

Dimulai dengan manis, diakhiri dengan indah. Saya tidak menyangka dalam kurun waktu kurang dari satu tahun ada platformer yang lebih bagus dari Shovel Knight.

2) Bloodborne

 maxresdefault (1)

Bloodborne bukan sekedar gim. Bloodborne adalah salah satu karya seni terbaik yang pernah ada.

1) Xenoblade Chronicles X

 xenoblade_chronicles_x_01

Perfectly Imperfect. Game ini  mengingatkan saya dengan kejayaan JRPG di era PSX dan PS2. Tidak sempurna, namun membahana. Satu hal lagi yang saya salut adalah bagaimana gim ini bisa berkembang terlepas dari gim pendahulunya yang juga luar biasa, yaitu Xenoblade Chronicles. Penggambaran yang cukup tepat untuk membandingkan keduanya adalah perbandingan antara Chrono Trigger dan Chrono Cross. Keduanya berdamai dengan segala kekurangannya dan tetap luar biasa dengan cara mereka masing-masing.

0) Dinasti Naga

Karena ini

image1

Ini

image4

Lalu ini

image3

Dan tentu saja ini

image2

    • Agusto Reynaldo Sirait

      DINASTI NAGA FTW!

    • romi sanubari

      all hail Dinasty naga