Abuget

Animal Crossing : New Leaf

animal_crossing

Bangun -> Menyapa penduduk -> Nyari duit -> Tidur… Bangun -> Menyapa penduduk -> Nyari duit -> Tidur. Itulah kegiatan sehari-hari Baroto di kota Zembut. Baroto adalah walikota dari kota Zembut, sebuah kota antah berantah yang dihuni oleh aneka binatang bersuara sejenis. Bagi anda yang sudah panik duluan karena nama kotanya Zembut, santai saja. Nama itu saya pilih sendiri. Kalau anda kurang sreg bisa pilih nama lain. Jembi (plesetan dari Jambi) juga terdengar asik. Kenapa Zembut? Alasannya adalah supaya tercipta perbincangan seperti ini : “Eh, kemarin gue main ke Zembut” II “Zembut apaan?” II “Itu lho… Zembutnya Baroto”. Sungguh perbincangan nan edgy.

Bagi saya, Animal Crossing adalah sebuah seri yang cocok untuk dinikmati dengan santai. Apabila game lain menuntut dedikasi tersendiri dari pemainnya, Animal Crossing justru menuntut pemainnya untuk mendalami game ini dengan khusyuk. Bagi anda yang baru pertama kali mencicipi seri ini, Animal Crossing adalah sebuah game seputar kehidupan virtual. Waktu di game ini berjalan sesuai dengan jam di 3DS anda. Selama tidak diutak-atik, 1 hari di Zembut = 1 hari di dunia nyata. Hal-hal sederhana seperti memancing, menggoyang pohon apel, gali lobang tutup lobang, dan kegiatan sejenisnya membanjiri game ini. Membosankan? Tentu tidak. Game ini memberikan anda banyak kerjaan. Semacam game ngabuburit lah.

Sama seperti pendahulunya, setiap 24 jam, hampir selalu ada yang baru di game ini. Mulai dari Zembutans (sebutan saya untuk penduduk Zembut) baru, penggantian stok barang lelang, hingga kemunculan pedagang pasar gelap yang muncul tiba-tiba (sekedar informasi, pasar gelap di sini bukan lapak jual beli negro). Mungkin bagi beberapa pemain Animal Crossing veteran, New Leaf dirasa kurang memiliki perubahan yang berarti. Memang ada sejumlah hal yang tidak berubah, tapi toh if it’s not broke, don’t fix it. Perubahan yang paling terasa jelas adalah peran baru anda sebagai pak walikota. Sebagai walikota, anda dapat melakukan pembangunan untuk Zembut. Untuk melakukan pembangunan, anda membutuhkan approval rating. Berbeda dengan dunia nyata, untuk menaikkan approval rating, di game ini anda tidak perlu mengirimkan perempuan dari Moestopo untuk petinggi PKS. Di game ini anda cukup menjadi orang baik untuk mendapat dukungan warga.

animal_crossing_2

Wah, saya belum membahas kekurangan game ini ya? Kekurangannya paling seputar user interface yang dan inventory yang terbatas. Bolak-balik karena inventory terbatas memang mengganggu. Jika anda bingung bagaimana rasanya bolak-balik karena inventory terbatas, silakan tanya anggota keluarga anda yang mengalami gangguan kandung kemih dan memiliki kebutuhan kencing di atas rata-rata. Mungkin rasanya seperti itu.

Akhir kata, intinya game ini cukup asik.  Para veteran akan menikmati game ini, para pendatang baru juga bisa menikmati kegiatan bersantai ria dengan para binatang penduduk kota. Jadi, silakan mainkan game ini dan jadilah walikota terbaik di jagat Animal Crossing. Siapa tau kalau anda sukses menjadi walikota terbaik, anda akan dihubungi oleh PDIP. Kalau sudah begitu, anda tinggal mencari sidekick penduduk minoritas yang berprestasi dan anda pun siap melenggang ke Pilkada DKI di tahun 2017.

VERDICT : 8.3 / 10

( + ) Suasana game yang asik

( + ) OST menentramkan hati

( + ) Value for money yang heboh. Game time lebih dari 80 jam

( + ) Menjadi walikota memberikan anda banyak pilihan kostumisasi

 

( – ) Inventory terbatas

( – ) Suara binatang yang seragam.

( – _ – )  -> Ini ceritanya pak Ahok

    • Irwin Adiguna

      bung rindra ini kalo nulis artikel selalu mengundang tawa pemuda labil gundah gulana idaman para janda, sukses,om.